IdeKU Untuk PLN

IdeKu Untuk PLN , dipostingan kali ini saya akan mencoba berbagi IdeKU Untuk PLN yang akan saya ikut sertakan dalam lomba Blog yang diadakan oleh PLN dan BLOGdetik untuk memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) yang ke-69 yang bertepatan pada tanggal 27 oktober 2014.

yang sering jadi masalah dalam PLN adalah seringnya listrik Mati tiba tiba, Listrik yang mati secara tiba-tiba dengan selang waktu yang sulit diprediksi menyebabkan banyak kerugian bagi masyarakat selaku pengguna energi listrik. Lampu yang pada atau arus yang tiba-tiba terputus, bukan tanpa alasan yang jelas. Penyebab yang sangat rasional adalah beratnya beban arus yang digunakan. Sehingga, menyebabkan terputusnya arus dan lampu yang mati mendadak.
Tidak sedikit kerugian yang ditanggung oleh masyarakat pengguna arus listrik, bahkan dititik terparahadalah terjadinya arus pendek yang menyebabkan kebakaran yang sangat merugikan masyarakat.

Hal tersebut terjadi karena beratnya beban arus yang dikeluarkan dari Pembangkit Listrik. PLN selaku pengelola energy listrik juga kewalahan dengan pemakaian energy listrik oleh masyarakat. Pemakain yang terkadang sia-sia, seperti membiarkan televise menyala walaupun tidak ada yang menonton, atau lampu yang tetap hidup disiang hari, petugas PLN sangat kesulitan dalam mengontrol hal tersebut. Seharusnya, selain pihak pengelola PLN yang harus bertanggungjawab mengenai permasalahan listrik, masyarakat pun ikut andil dalam hal ini.

Sudah banyak solusi yang diberikan kepada pihak pengelola PLN dan masyarakat. Namun, permasalahan listrik masih menjadi dilema hingga saat ini.

Sebaiknya, pihak pengelola PLN dan pemerintah bisa lebih bekerjasama dalam membuat kebijakan pengawasan terhadap pemakaian energy listrik ini. Pihak pengelola PLN perlu membuat kebijakan mengenai berapa besaran arus/daya yang diberikan kepada setiap pengguna energy listrik. Dan diawasi dengan mesin khusus penghitung daya/arus yang dpakaioleh masyarakat. Apabila setiap masyarakat diberi jatah arus yang sesuai dengan kebutuhan saja, maka masyarakat yang lain pun dapat menggunakan daya/arus listrik tersebut untuk kebutuhannya. Pemakaian daya/arus yang diberikan kepada masyarakat harus dibatasi. Dalam hal ini ketegasan pihak pengelola PLN dan Pemerintah sangat diharapkan.
Semakin canggihnya teknologi, maka semakin besar pula daya/arus energy listrik yang akan digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, batasan penggunan atau besaran daya/arus yang diizinkan dari pihak pengelola PLN dan Pemerintah sangat penting untuk ditetapkan.sehingga, tidak akan ada lagi penggunaan daya/arus listrik yang sia-sia dan menguntungkan pemakai sepihak saja.

Dengan begitu,penggunaan yang teratur dengan pemberian jatah arus/daya yang diperbolehkan tidak akan menyebabkan beratnya beban arus/daya yang dikeluarkan.

IdeKU Untuk PLN

semoga postingan ini bermanfaat.

5 komentar:

  1. ide yang bagus Broo, lanjutkan... :)

    ReplyDelete
  2. terus kembangkan gan, sepertinya ini layak dicona oleh pemerintah kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin,
      thanks gan :) , semoga saja :)

      Delete
  3. artikel Ideku Untuk PLN sangat menginspirasi.

    ini artikel untuk lomba blogdetik PLN itu ya?

    Brillie

    ReplyDelete
  4. idem sama yang diatas..

    Sorry sebelumnya.

    ReplyDelete

✔ Silakan berkomentar dengan baik karena langsung dipublikasikan.
✘ Mohon tidak meninggalkan SPAM atau link aktif di kolom komentar.